Tata Cara Wudhu Lengkap dan Doa Setelah Wudhu

Sebelum melakukan sholat salah satu hal yang wajib Anda lakukan adalah wudhu, jika tidak wudhu maka sholat Anda tidak akan sah. Wudhu ini adalah salah satu cara untuk menyucikan diri sebelum beribadah kepada Allah SWT. Jadi sangatlah penting bagi Anda untuk mengerti tata cara wudhu  beserta bacaannya. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas tata cara wudhu yang benar:

Poster Tata Cara Wudhu Sesuai Sunnah | Toko Muslim Title

source : toko-muslim.com
  • Niat Wudhu

Niat yang bisa Anda baca sebelum wudhu adalah:

“Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa”

Artinya : “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah.”

  • Membaca Basmallah

Setelah Anda membaca niat dengan sungguh-sungguh selanjutnya bacalah bismillah. Bacalah bismillah sambil Anda mencuci kedua tangan sampai ke sela-sela jarinya sebanyak 3 kali.

  • Berkumur

Lakukan kumur-kumur sebanyak 3 kali, kumur-kumur ini tujuannya untuk membersihkan gigi Anda dari sisa makanan yang ada disela-sela gigi.

  • Mencuci lubang hidung

Bersihkan hidung sebanyak 3 kali, tujuan mencuci hidung ini yaitu untuk membersihkan kotoran yang ada didalam hidung. Saat mencuci hidung Anda disunnahkan untuk mencuci hidung sambil menghirup air dan mengeluarkan airnya dengan cara memencet hidung.

  • Mencuci muka tiga kali

Cuci muka sebanyak 3 kali, cucilah muka dari mulai ujung kepala hingga ke bawah dagu.

  • Mencuci tangan hingga bagian siku

Langkah yang selanjutnya adalah cuci kedua tangan sampai bagian siku sebanyak 3 kali. Lebih baik mencuci tangan ini dimulai dari tangan bagian kanan.

  • Mengusap kepala

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengusap kepala dari bagian depan kepala sampai belakang kepala, lakukan juga sebanyak 3 kali.

  • Membersihkan kedua telinga

Langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan kedua telinga, membersihkan telinga ini Anda tidak perlu mengambil air baru. Membersihkan telinga saat wudhu ini dilakukan dengan cara memasukan jari telunjuk masuk kedalam telinga, dan ibu jari mengusap daun telinga. Lakukan secara bersamaan untuk telinga kiri dan kanan.

  • Mencuci kedua kaki sampai di atas mata kaki

Langkah yang terakhir adalah dengan membasuh kedua kaki sampai bagian atas mata kaki. Lakukan hal ini sebanyak 3 kali, usahakan mencuci kaki dimulai dari kaki kanan kemudian dilanjutkan dengan kaki kiri. Seperti yang ada dalam HR Bukhari yang berbunyi “dahulukan kaki kanan hingga tiga kali kemudian kaki kiri. Dan saat membasuh kaki, Rasulullah menggosok jari kelingkingnya pada sela-sela jari kaki”. Saat membersihkan kaki ini Anda harus benar- benar teliti dan berhati-hati karena jika tidak sempurna dalam mencuci kaki Rasullullah menyebutkan Anda bisa terancam untuk terkena neraka. Jadi jangan lupa untuk memastikan semuanya terkena oleh air.

  • Membaca doa wudhu

Jika semua rangkaian dalam wudhu sudah Anda kerjakan, maka Anda di sunnahkan untuk membaca doa setelah melakukan wudhu. Saat membaca doa wudhu ini Anda sangat disarankan untuk mengangkat kedua tangan sambil menghadap ke kiblat. Ini dia bacaan yang bisa Anda baca:

“Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina.”

Artinya : “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusan-Nya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang saleh.”

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *