Nasib Sepak Bola di Indonesia

Pertandingan BRI Liga 1 2021-2022 - Bola Nusantara

source gambar : bolanusantara.com

Tidak diragukan lagi, sepak bola telah menjadi olahraga terfavorit nomor 1 di Indonesia. Namun sayangnya hal itu tidak di imbangi dengan prestasi dan pencapaian yang memuaskan.

Berikut ini adalah beberapa masalah di sepak bola di Indonesia yang biasa dijumpai di liga indonesia.

  • Supporter garis keras

Tidak dipungkiri dengan populernya sepak bola dalam negeri pasti juga diiringi meningkatnya jumlah penggemar si kulit bundar. Namun sayangnya hal itu justru menimbulkan masalah lain. Banyaknya supporter fanatis menjadi masalah tersendiri dalam sepak bola indonesia. Permasalahan biasanya seputar saling ejek di media sosial, saling ejek di lapangan hingga kadang hingga menimbulkan kekerasan.

Tidak jarang kekerasan yang terjadi antar supporter kadang kala hingga menimbulkan korban jiwa hingga timbulnya korban. Bahkan kadang kala kekerasan justru malah disebabkan oleh para pemain diatas lapangan hijau,

  • Liga yang sering terhenti

Liga indonesia sendiri kadang juga sering kali mengalami masalah yang menyebabkan tidak adanya aktivitas liga. Mulai dari yang disebabkan oleh dualisme kepemimpinan, adanya pademi covid-19, atau mungkin masalah kepengurusan lembaga itu sendiri.

  • Menjadi Alat Politik

Gejolak politik juga berpengaruh dalam merusak persepak bolaan di Indonesia. Kepopuleran sepak bola di Indonesia tidak jarang juga di manfaatkan untuk kepentingan pribadi para politikus. Entah itu untuk mendapatkan uang atau mungkin untuk mendapatkan suara secara instan. Tidak jarang masalah di tubuh PSSI atau klub bola kadang berkaitan dengan para politikus.

  • Sulitnya mencari sponsor

Keadaan liga yang tidak pasti serta kualitas sepak bola yang kurang membuat terkadang para sponsor juga menjadi ragu dalam memberikan dukungan dana, baik itu untuk liga maupun untuk klub sendiri. Sehingga tidak jarang ini juga berefek pada mundurnya jadwal di mulainya liga. Kadang hal ini tidak jarang membuat klub mengalami gagal bayar gaji pemain sehingga pemain pun juga akan dirugikan.

  • Metode pelatihan

Tentu saja jika pada bidang kepengurusan sudah berantakan, baik pihak liga atau klub atau pssi pasti pelatihan tim juga bermaaalah. Biasanya dari segi bibit muda, jarang klub yang melakukan didikan sedari muda dan lebih suka membeli pemain yang sudah matang apalagi pemain asing.

Ada kalanya mereka juga terliat pengaturan skors sehingga mereka semakin banyak mendapatkan uang. Sehingga tidak hanya performa klub yang makin menurun, tapi juga persaingan liga yang makin tidak sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *